Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3.3.a.3 Mulai Dari Diri-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Mulai Dari Diri-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid


Tujuan Pembelajaran pada alur pembelajaran pertama Modul 3.3 adalah CGP dapat melakukan refleksi dari pengalamannya saat  dirinya terlibat  dalam program atau kegiatan sekolah mereka dahulu, serta CGP mengungkapkan harapannya dari modul ini.

Pertanyaan Pemantik

  1. Apa yang saya telah ketahui tentang program yang berdampak pada murid?
  2. Bagaimana kaitan antara  program yang berdampak pada murid dengan student agency ⟮kepemimpinan murid)?
  3. Apa yang ingin saya ketahui lebih lanjut tentang program yang berdampak pada murid?
  4. Saat Bapak/Ibu bersekolah dulu, Bapak/Ibu tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. 

Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. 

Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid. 

Nah, sekarang kami ingin Bapak/Ibu mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman bapak/Ibu saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid tersebut.  Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

Apa kegiatan/programnya?

Kegiatan ekstrakurikuler berupa Maulid Habsyi dengan menggunakan terbang rebbana. Kegiatan ini adalah kegiatan yang dilaksanakan sekolah untuk menumbuhkan rasa cinta dengan shalawat kepada Nabi Muhammad saw. Kegiatannya dilaksanakan diluar jama pelajaran. Ada yang menjadi penyair atau nasyid, ada yang menjadi backing vocal dan ada yang menjadi pemukul terbang, bass dan rolling.

Berperan sebagai apa Bapak/Ibu saat itu?

Saya sebagai pemukul terbang, atau sebagai pukulan malingkah agar keseragaman pukulan dan bunyi menyatu.

Bagaimana perasaan Bapak/Ibu saat itu?

Perasaan saya sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Saya rutin dan rajin hadir dalam setiap kegaiatan baik latihan ataupun pada acara tampil di depan orang banyak karna dapat menyalurkan bakat saya dibidang kesenian khususnya rebbana.

Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk Bapak/Ibu?

Pengalaman tersebut sangat berkesan bagi saya karna sangat memberikan manfaat bagi diri saya sendiri, seperti saya jadi terbiasa berteman sesam pecinta shalawat, silaturrahmi, dan saya menjadi orang yang percaya diri tampil di depan orang banyak saat acara maulid di sekolah atau di kampung kami.

 Apa pembelajaran yang bapak/ibu ambil dari kegiatan/ program tersebut?

Pembelajaran yang saya ambil adalah pengembangan minat dan bakat murid sangat penting untuk menjadi bekal kehidupan, selain pengetahuan dan ketermapilan yang didapat dalam kegiatan ekstrakurikuler. Sekolah harus dapat mengenali potensi murid, menyusun program pengembangan diri, dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler untuk memfasilitasi pengembangan diri murid.

Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang?

Pengalaman tersebut berdampak sekarang, yaitu saya bisa menjadi pribadi yang agamis, cinta shalawat dan sopan santun kepada guru, orang tuang. Sebagai guru, saya terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di sekolah. Sekarang pun saya masih menjadi pembina OSIS dan bidang keagamaan lainnya.

Demikian kegiatan pembelajaran pada alur pembelajaran Mulai dari Diri. Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "3.3.a.3 Mulai Dari Diri-Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid"