Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Refleksi Terbimbing-Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran


Refleksi Terbimbing-Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

Ada delapan pertanyaan yang digunakan sebagai bahan refleksi, yang wajib dijawab minimal empat pertanyaan oleh CGP. 

Berikut ini pertanyaan-pertanyaan refleksi.

Dari delapan pertanyaan yang ada, pilihlah minimal empat pertanyaan sebagai bahan refleksi Anda.

  1. Bagaimana/sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Adakah hal-hal yang menurut Anda di luar dugaan?
  2. Tuliskan pengalaman Anda dalam menggunakan ketiga materi tersebut dalam proses Anda mengambil keputusan dalam situasi dilema etika yang Anda hadapi selama ini.  Anda dapat juga menulis tentang sebuah situasi dilema etika yang dihadapi oleh orang lain serta keputusan yang diambil. Berilah ulasan berdasarkan 3 materi yang telah Anda pelajari di modul ini.
  3. Sebelum mempelajari modul ini, pernahkah Anda menerapkan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran dalam situasi moral dilema? Kalau pernah, apa bedanya dengan apa yang Anda pelajari di modul ini?
  4. Bagaimana dampak mempelajari materi ini buat Anda, perubahan  apa yang terjadi pada cara Anda dalam mengambil keputusan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran modul ini?
  5. Seberapa penting mempelajari topik modul ini bagi Anda sebagai seorang individu dan Anda sebagai seorang pemimpin pembelajaran?
  6. Apa yang Anda bisa lakukan untuk membuat dampak/perbedaan di lingkungan Anda setelah Anda mempelajari modul ini?
  7. Selain konsep-konsep tersebut, adakah hal-hal lain yang menurut Anda penting untuk dipelajari dalam proses pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran?
  8. Adakah nilai-nilai kebajikan yang ditanamkan oleh orangtua anda atau bahkan kakek nenek buyut Anda yang menjadi karakter khas suku atau masyarakat dimana Anda tinggal? Bagaimana Anda sebagai seorang guru akan menggunakannya untuk membantu Anda dalam pengambilan keputusan?

Bagaimana/sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Adakah hal-hal yang menurut Anda di luar dugaan?

Pemahaman saya tentang konsep dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan keputusan sudah baik. Hal ini berkat bimbingan fasilitator dan diskusi kelompok serta presentasi hasil diskusi yang dilakukan dalam ruang kolaborasi. 

Hal-hal di luar dugaan dalam pengambilan keputusan adalah adanya investigasi opsi trilemma. Memunculkan pilihan ketiga, yang berbeda dari pilihan sebelumnya, tetapi menjadi penengah sehingga mengakomodasi kebutuhan yang bertentangan. Memang tidak mudah memunculkan pilihan ketiga ini, tetapi melalui latihan yang rutin dan bertukar pikiran dengan rekan, keterampilan ini akan terlatih.

Bagaimana dampak mempelajari materi ini buat Anda, perubahan  apa yang terjadi pada cara Anda dalam mengambil keputusan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran modul ini?

Materi ini berdampak pada proses pengambilan keputusan yang saya lakukan. Setelah mempelajari modul ini, langkah awal saya memandang sebuah kasus adalah dari aspek legalitas. Jika ada pelanggaran hukum maka saya akan putuskan untuk tidak melanjutkannya. Jika ada kode etik yang dilanggar, masalah ini bisa dilanjutkan apabila ada pertimbangan-pertimbangan lain, misalnya apakah keputusan saya bertentangan dengan perasaan dan intuisi? Bagaimana jika keputusan saya diupload di medsos dan menjadi viral? Apakah saya akan nyaman? Bagaimana panutan saya menghadapi kasus ini? Hal lain yang penting adalah menggunakan investigasi opsi trilemma dalam pengambilan keputusan. Di samping itu, mempertimbangkan keputusan yang berdampak bagi orang banyak dan mengutamakan dampak jangka panjang.

Seberapa penting mempelajari topik modul ini bagi Anda sebagai seorang individu dan Anda sebagai seorang pemimpin pembelajaran?

Mempelajari dan memahami topik modul ini sangat penting bagi saya sebagai individu dan sebagai pemimpin pembelajaran. Setia hari, saya menghadapi berbagai situasi dilema yang menuntut adanya keputusan yang cepat dan tepat. Tiga prinsip pengambilan keputusan dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan akan membantu saya mengambil keputusan yang tepat, berdampak bagi orang banyak, tidak melanggar hukum, dan mengandung dampak jangka panjang.

Apa yang Anda bisa lakukan untuk membuat dampak/perbedaan di lingkungan Anda setelah Anda mempelajari modul ini?

Agar berdampak pada lingkungan, yang dapat saya lakukan setelah mempelajari modul ini adalah: Menerapkannya dalam pengambilan keputusan yang melibatkan situasi dilema etika. Berbagi dengan rekan guru tentang materi ini. Berkolaborasi dengan rekan guru dalam mengambil keputusan yang melibatkan situasi dilema etika, dengan menerapkan materi ini.

Adakah nilai-nilai kebajikan yang ditanamkan oleh orangtua anda atau bahkan kakek nenek buyut Anda yang menjadi karakter khas suku atau masyarakat dimana Anda tinggal? Bagaimana Anda sebagai seorang guru akan menggunakannya untuk membantu Anda dalam pengambilan keputusan?

Nilai kebajikan yang ditanamkan oleh leluhur saya dan menjadi ciri khas masyarakat kalimantan, khususnya kalimantan selatan adalah nilai relegius. Beriman dan berakhlak mulia kapanpun dimanapun dan dengan siapapun. Dalam pengambilan keputusan, saya akan menggunakan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Keputusan-keputusan yang diambil mengacu pada dampak keharmonisan yang ditimbulkan. 

Demikian refleksi terbimbing yang saya lakukan, semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Refleksi Terbimbing-Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran"