Refleksi Terbimbing Pembembelajaran Berdiferensiasi Modul 2.1
Dalam
alur belajar Refleksi Terbimbing, CGP diberikan petanyaan pemantik dan beberapa
pertanyaan untuk merefleksikan pengetahuan, kesulitan, dan langkah yang
dihadapi dalam melakukan hal yang sulit.
Berikut ini beberapa pertanyaan pemantik yang diberikan.
- Bagaimana saya dapat melakukan praktik pembelajaran berdiferensiasi secara lebih efektif?
- Pendekatan manakah yang seharusnya saya ubahsuaikan?
- Bagaimana saya tetap dapat bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini?
Agar
dapat melakukan pembelajaran berdiferensiasi secara lebih efektif, saya harus
menganalisis kebutuhan belajar tiap murid. Tiap murid memiliki kebutuhan
belajar yang berbeda-beda. Dari kebutuha belajar murid, saya dapat merencanakan
strategi mana yang dipergunakan.
Pendekatan yang harus saya ubahsuaikan adalah pendekatan dalam mendiagnosis kebutuhan belajar murid, yaitu melakukan survey, pengamatan tingkah laku murid, komunikasi dengan guru mata pelajaran lain, wali kelas, dan guru BK. Saya juga harus menyesuaikan konten yang akan diberikan kepada siswa, proses yang akan dijalani ketika pembelajaran dilaksanakan, dan jenis tagihan yang digunakan sebagai bahan penilaian.
Saya selalu bersikap positif meskipun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Karena tujuan utama guru adalah mengembangkan potensi murid secara optimal. Apapun tantangan dan hambatan yang ditemui, guru harus selalu mengupayakan solusi terbaik yang mampu diberikan. Guru harus selalu bekerja sama dengan berbagai pihak dalam menemukan jalan keluar atas permasalahan yang ditemuinya terutama dalam pembelajaran.
BACA JUGA
Berikut
ini pertanyaan-pertanyaan refleksi yang akan didiskusikan dengan fasilitator.
1. Dari
apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi
bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?
Yang sudah saya pelajari adalah tentang pembelajaran berdiferensiasi. Dengan
mempelajari modul ini saya sedikit mendapatkan pencerahan mengenai diferensiasi
siswa, bahwa setiap hari guru dihadapkan pada banyak sekali keragaman yang
dimiliki murid, mungkin selama ini tidak disadari oleh guru. Setelah
mempelajari modul ini maka saya menyadari bahwa guru harus melakukan berbagai
usaha untuk memastikan setiap murid di kelas sukses dalam proses pembelajaran.
Dari modul ini saya mendapatkan solusi bahwa sebelum memulai pelajaran seorang
guru harus mengetahui kesiapan belajar siswa, gaya belajar siswa, dan minat
belajar siswa agar tercipta lingkungan belajar yang mengundang siswa untuk
belajar.
2. Apa yang
menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit
diterapkan?
Menurut saya yang sulit diterapkan adalah memetakan gaya belajar siswa, karena dalam satu kelas siswa saya ada 36 orang, saya merasa sulit untuk mengetahui gaya belajar mereka satu-persatu. Ditambah lagi saya mengajar sebanyak tujuh kelas. Padahal saya sangat tertarik untuk mengetahui gaya belajar siswa agar saya dapat memenuhi kebutuhan belajar mereka sesuai dengan gaya belajar mereka. Selain jumlah siswa yang banyak dalam satu kelas, waktu pembelajaran yang singkat juga menejadi kendala untuk memetakan gaya belajar siswa.
3. Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa
yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan
tersebut.
Untuk menerapkan dan mengatasi kesulitan ini saya akan berusaha berkolaborasi
dengan guru BK, bisa diawali dengan tes bakat. Saya juga berkolaborasi dengan
wali kelas, rekan guru lain untuk membicarakan permasalahan setiap mengajar di
kelas. Dengan berdiskusi maka sedikit-sedikit saya akan dapat memetakan dan
mengetahu gaya belajar siswa. Tentunya ini juga tidak lepas dari dukungan
stakeholders agar semua yang dilakukan bisa berhasil.
Demikian kegiatan refleksi terbimbing ini, mudah-mudahan dapat memberikan gambaran tentang tantangan dan solusi yang dihadapi dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi.
Post a Comment for "Refleksi Terbimbing Pembembelajaran Berdiferensiasi Modul 2.1"