Kisi-Kisi PAI & Budi Pekerti Kelas 12 dan US ( Ujian Sekolah )
Kisi-kisi UAS PAI dan Budi Pekerti Kelas XII
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis Sekolah :
SMAN 1 TANJUNG
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kurikulum :
Kurikulum 2013
No |
Kompetensi Dasar |
Bahan/ Kls |
Konten/Materi |
Level Kognitif |
|
1 |
3.2. Menganalisis Q.S. Al-Isra/17:
32, dan Q.S. An-Nur/24: 2, serta hadis tentang larangan pergaulan
bebas dan perbuatan zina |
X |
Makna Q.S.
Al-Isra/17: 32, dan Q.S. An-Nur/24: 2, serta hadis tentang
larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina |
Pengetahuan dan Pemahaman |
|
2 |
3.1.Menganalisis Q.S. Al-Hujurat
/49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) |
X |
Makna Q.S.
Al-Hujurat /49: 10 dan 12; serta hadis tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) |
Penerapan |
|
3 |
3.1. Menganalisis makna Q.S.
al-Maidah/5:48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9:
105 serta Hadits tentang taat pada
aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja |
XI |
Makna Q.S. al-Maidah/5:48; Q.S.
an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 serta Hadits tentang
taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja |
Pengetahuan dan Pemahaman |
|
4 |
3.2. Menganalisis makna Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah
/5: 32, serta Hadis tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak
kekerasan |
XI |
Makna Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S.
al-Maidah /5: 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri
dari tindak kekerasan |
Penalaran |
|
5 |
3.1. Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3:
190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir
kritis dan bersikap demokratis |
XII |
Makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadits tentang
berpikir kritis dan bersikap demokratis |
Penerapan |
|
6 |
3.2. Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur
kepada Allah serta berbuat sesama manusia |
XII |
Makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur
kepada Allah serta berbuat sesama manusia |
Penerapan |
|
Penalaran |
|||||
7 |
3.3. Menganalisis makna al-Asma’
al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir |
X |
Makna Al-Asma’ al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil,
al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir |
Penalaran |
|
8 |
3.4. Menganalisis makna beriman kepada
malaikat-malaikat Allah Swt. |
X |
Makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. |
Pemahaman |
|
9 |
3.3. Menganalisis makna iman kepada
kitab-kitab Allah Swt. |
XI |
Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. |
Pengetahuan |
|
10 |
3.4. Menganalisis makna iman kepada
rasul-rasul Allah Swt. |
XI |
Makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt. |
Penalaran |
|
11 |
3.3. Menganalisis dan mengevaluasi makna
iman kepada hari akhir |
XII |
Makna iman kepada hari akhir |
Pengetahuan
|
|
12 |
3.4. Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada qadha dan qadar |
XII |
Makna iman kepada qadha dan qadar |
Penalaran |
|
13 |
3.5. Menganalisis ketentuan berpakaian sesuai syariat
Islam |
X |
Ketentuan berpakaian sesuai syariat
Islam |
Pengetahuan dan Pemahaman |
|
14 |
3.6. Menganalisis manfaat kejujuran dalam kehidupan
sehari-hari |
X |
Kejujuran dalam kehidupan
sehari-hari |
Penerapan |
|
15 |
3.7. Menganalisis semangat menuntut ilmu |
X |
Semangat menuntut ilmu |
Penalaran |
|
16 |
3.5. Menganalisis makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari |
XI |
Makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari |
Penerapan |
|
17 |
3.6. Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orang
tua dan guru |
XI |
Hormat dan patuh kepada orang tua
dan guru |
Penerapan |
|
18 |
3.5. Menganalisis dan mengevaluasi perilaku kerja keras
dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di
masyarakat |
XII |
Perilaku kerja keras dan
bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat |
Pengetahuan dan pemahaman |
|
Penerapan |
|||||
19 |
3.5. Menganalisis dan mengevaluasi perilaku kerja keras
dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di
masyarakat |
XII |
Perilaku kerja keras dan
bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat |
Penalaran |
|
20 |
3.8. Menganalisis kedudukan al-Qur’an,
Hadis, dan
ijtihad sebagai
sumber
hukum Islam. |
X |
Kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai
sumber
hukum Islam. |
Penerapan |
|
21 |
3.9. Menganalisis hikmah ibadah
haji, zakat, dan
wakaf bagi individu dan
masyarakat |
X |
Hikmah ibadah haji, zakat, dan wakaf |
Penalaran |
|
22 |
3.7. Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah. |
XI |
Penyelenggaraan
jenazah. |
Penerapan |
|
Penalaran |
|||||
23 |
3.8. Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig, dan
dakwah. |
XI |
Khutbah, tablig, dan
dakwah |
Penerapan |
|
24 |
3.9. Menelaah
prinsip-prinsip dan
praktik ekonomi dalam Islam |
XI |
Prinsip-prinsip dan
praktik ekonomi dalam Islam |
Penalaran |
|
25 |
3.6. Menganalisis dan
mengevaluasi ketentuan
pernikahan dalam Islam. |
XII |
Ketentuan pernikahan dalam Islam |
Pengetahuan dan Pemahaman |
|
Penerapan |
|||||
26 |
3.7. Menganalisis dan
mengevaluasi ketentuan
waris dalam Islam. |
XII |
Ketentuan
waris dalam Islam. |
Penalaran |
|
27 |
3.10. Menganalisis
Substansi dan strategi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah |
X |
Substansi dan
strategi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah |
Penalaran |
|
28 |
3.11.Menganalisis substansi, strategi,
dan keberhasilan dakwah
Nabi Muhammad saw. di Madinah |
X |
Substansi, strategi, dan
keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw. di Madinah |
Pengetahuan dan Pemahaman |
|
29 |
3.10. Menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan |
XI |
Perkembangan
peradaban
Islam pada masa
kejayaan |
Pengetahuan dan Pemahaman |
|
30 |
3.11.Menelaah perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang) |
XI |
Perkembangan
Islam pada masa modern
(1800-sekarang) |
Penerapan |
|
31 |
3.8. Menganalisis dan
mengevaluasi strategi dakwah
Islam di Indonesia |
XII |
Strategi dakwah
Islam di Indonesia |
Penalaran |
|
32 |
3.9. Menganalisis dan
mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia |
XII |
Sejarah perkembangan Islam di Indonesia |
Pengetahuan dan Pemahaman |
|
33 |
3.10. Menganalisis dan
mengevaluasi faktor-faktor kemajuan peradaban
Islam di dunia |
XII |
Faktor-faktor kemajuan
peradaban Islam di dunia |
Penerapan |
|
Penalaran |
|||||
|
|
Penalaran |
|||
34 |
3.3 Menganalisis dan
mengevaluasi makna iman kepada hari akhir |
XII |
Makna iman kepada hari akhir |
Penerapan |
|
Penalaran |
|||||
|
Penerapan |
||||
35 |
3.4 Menganalisis dan
mengevaluasi makna iman kepada qada dan qadar |
XII |
Makna beriman kepada qada
dan qadar |
Penerapan |
|
36. |
3.6 Menganalisis dan
mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam |
XII |
Ketentan pelaksanaan
pernikahan |
Penlaran |
|
37. |
3.7 Menganalisis dan
mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam |
XII |
Ketentuan waris dalam Islam |
Pengetahuan dan pemahaman |
|
Penalaran |
Post a Comment for "Kisi-Kisi PAI & Budi Pekerti Kelas 12 dan US ( Ujian Sekolah )"