Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DPJ Online e Filling Pajak Bermasalah Error dan Solusinya

DJP Online Down, Error, dan gagal lapor, adakah solusi? Pertanyaan tersebut hampir setiap hari menghampiri teman-teman kita yang ada di Pajak. Tentu saja, membuat anda dan saya kesal karena gagal lapor efiling pajak SPT Tahunan.


Saya tidak perlu antri, cukup 3 menit sudah bisa lapor online. Hanya saja, harus mencari waktu yang tepat. Saya pun berusaha mengumpulkan berbagai permasalahan yang sering terjadi di DJP online dan mencoba mencari solusinya. Metode yang saya gunakan ada tiga :
1. Bertanya ke pegawai pajak.
2. Mengumpulkan daftar masalah
3. Membaca di internet.

Daftar Masalah di DJP Online dan solusi

1. Kode Keamanan Tidak sesuai
Laman DJP Online terlalu lama dibuka tanpa aktivitas apapun. Silahkan klik kode keamanan, lalu masukkan kode keamanan yang baru.

2. Server not found 404 atau Error 405
Silahkan back (kembali) atau menuju link ini https://djponline.pajak.go.id/default atau ulangi login.

3. Link aktivasi tidak masuk ke email
Tunggu dan coba lagi. Tidak ada solusi jitu untuk masalah ini. Sejak bulan maret, masalah ini mulai jarang terjadi.

4. Token tidak terkirim
Internet anda sedang tidak stabil. Silahkan ulangi pengiriman ulang token.

5. Kesalahan SO004 Pengguna belum aktif
Anda belum mengklik link aktivasi di email. Buka email anda lalu klik link aktivasi.

6. Link aktivasi sudah di klik tapi gagal
biasanya muncul : Aktivasi akun DJP Online Tidak Berhasil. Silakan klik tombol OK untuk ke menu Kirim Ulang Link Aktivasi. Silahkan kirim ulang link aktivasinya. 
Kadang butuh waktu 2 menit, kadang juga butuh waktu 2 hari untuk bisa.

7. Gagal Login : Invalid Credential, Bad User Credential, Database
Passsword salah, Pastikan NPWP anda betul, tidak mengandung tanda baca strip (-) dan atau titik (.). Pastikan juga password anda tidak salah ketik, Huruf Besar dan kecil anda ketik dengan benar, tidak tertukar. Masih gagal login juga : silahkan reset password, klik di sini

8. NPWP Bendahara/Pemberi kerja (di SPT S) sudah diisi tapi nama bendahara/pemberi kerja tidak muncul. Hapus SPT anda, logout, ulangi dari awal.?

9. SPT Sudah ada saat memasukkan kode verifikasi. 
SPT tidak terkirim tetap masuk ke konsep. Silahkan datang ke KPP anda, Mungkin anda sudah lapor SPT. Atau coba buat SPT baru dengan kode pembetulan.

10. Kode verifikasi tidak sesuai atau salah.
Solusi : pastikan server code yang ada di DJPonline dan server code (kode server) yang ada di email anda sama. Jika beda bagaimana? Mungkin anda mengklik 2 kali, silahkan kembali ke inbox anda, lihat email terakhir dan pastikan server codenya sama. Masih tetap berbeda?, Ulangi megirim kode verifikasi.

11. Website efiling down, under maintenance, error 500, error 502
Untuk masalah yang satu ini pastikan : (1) internet anda hidup (2) koneksi stabil (3) browser anda Google chrome, atau Microsoft Edge, atau Mozilla firefox Jika tetap down, under maintenance, atau error, silahkan ambil nafas dalam – dalam dan menunggu saat yang tepat.

12. Saya coba mendaftar minta code verifikasi berhasil setelah saya kirim spt muncul code no token tidak valid.
Apakah pelaporan spt sy udah berhasil ap belum ya.. Mohon bantuanya trim.. Silahkan kirim lagi SPT anda. Itu karena anda minta kode verifikasi lebih dari 1 kali. Dan anda salah copy paste. Daftar SPT yang berhasil terkirim bisa masuk ke bagian 

13. Saya sudah lapor lewat efiling dan sudah sukses sampai jawaban puas, tapi kenapa Tanda terima belum dikirim ke email saya ?
Solusi : coba ke sini https://efiling.pajak.go.id/default pilih tahun yang dilaporkan, ada buletan 3 di sebelah kanan. pilih buletan yang paling kanan.

14. NPWP sudah terdaftar. Pesan Kesalahan:REG008
Silahkan kunjungi djponline.pajak.go.id/resetpass pada bagian lupa email klik ya dan masukkan email anda. Masukkan NPWP, Efin, email, dan kode keamanan lalu klik submit. 3 menit kemudian buka email anda, klik linknya dan buatlah password baru. Anda tidak perlu mendaftar lagi.

15. Saya sudah mengirim SPT. Ternyata ada data yang kurang/salah. 
Bagaimana cara merubah dan menambah data pada SPT yang sdh terkirim. Silahkan buat SPT Pembetulan, caranya sama dengan SPT Normal.

16. Saya tidak bisa masuk email saya. 
Nomor HP yang saya gunakan sudah mati, saya juga lupa password. Gunakan fasilitas lupa/reset password. Bisa di link ini https://djponline.pajak.go.id/resetpass

17. Saya sudah daftar DJP Online, ternyata email saya salah. Saya kirim ulang link aktivasi juga gagal. 
Gampang. Daftar lagi DJP online pakai email yang benar.

18. Saya sudah kirim laporan SPT tapi kok gak ada bukti penerimaan elektronik ya? 
Coba masuk ke https://efiling.pajak.go.id/default. Jika sudah ada berarti sudah masuk.

19. kode kesalahan SO002-Data Pengguna Tidak Ditemukan
Silahkan daftar dulu di DJP online. Ini linknya https://djponline.pajak.go.id/registrasi

20. Maaf, semua tahapan udah saya selesaikan, sekarang mau nunggu email balasannya ko lama sekali Gunakan fasilitas kirim ulang BPE di https://efiling.pajak.go.id/default.

21. KLU saya berapa ya?
Paling betul adalah melihat SKT (surat keterangan Terdaftar) milik anda atau menelfon kantor pajak terdaftar dan menanyakan nomor KLU anda.

26. Bagaiman cara mau cetak ulang sse yang telah keluar kode idBillingnya ya… belum ada menu itu. silahkan bikin id billing baru.

27. BPS SPT sebelumnya belum ada
Masuk ke sini https://efiling.pajak.go.id/efile/kirimspt lihat SPT pembetulan nol, klik edit, isi seperti biasa lalu kirim.

28. SPT Tahunan Anda Tidak Lengkap, 
Hal tersebut dapat disebabkan jika:
Status SPT Anda adalah Kurang Bayar sementara NTPN yang Anda isikan tidak lengkap/tidak benar Anda tidak mengisi data bukti pemotongan dari pemberi kerja. Kolom Kode Harta pada tabel Daftar Harta tidak sesuai Kolom Kode Utang pada tabel Daftar Utang tidak sesuai SPT ini akan disimpan sebagai DRAFT. Untuk dapat mengirim SPT, Anda harus melengkapi terlebih dahulu. Solusi : Wah itu kasusnya macam macam. yang paling sering, Silahkan :
1. Cek apakah PTKP sudah anda masukkan dengan benar,
2. Lupa mengisi bukti potong dari pemberi kerja

29. http : / / efiling. pajak. go. id / home? acces _ token = nul
Ada 2 penyebab
a. Kelamaan mbuka web lain atau tidak ngapa-ngapain dengan DJP online. Solusi : tutup browser anda, buka lagi yang baru.
b. ini biasanya karena anda pernah login ditempat lain dan lupa logout. Solusi cepatnya datang ke kantor pajak atau telfon kring pajak 1500200, mudah2an terselesaikan. Pernah ada kasus seperti ini untuk ebilling, beliau ke kantor pajak, 2 hari kerja beres.

30. Ketika sudah selesai, kok saya tidak dapat kode verifikasi buat di submit,
Minta kode lagi aja mas, pasti ada tulisan klik di sini.

31. Saat mengirimkan SPT yang muncul “INFO BPE Selesai 
Cek Lengkap cek Tidak Lebih bayar cek NoTt” Cek di https://efiling.pajak.go.id/default jika SPT anda sudah ada, berarti aman, Jika Belum ada, silahkan buka https://efiling.pajak.go.id/efile/kirimspt lalu kirim SPT anda.

32. Saya sudah isi “Form Surat Setoran Elektronik” dan sudah saya simpan, biasanya langsung muncul PDF “ID BILLING”.
Nah ini tidak muncul, dan sudah saya coba 2x (baru saya coba Januari-Januari 2016). Bagaimana ini ya mbak? Solusi : Silahkan matikan pop up blocker anda.

33. kode pembetulan sdh digunakan untuk jenis formulir SPT yg lain, itu kenapa yaa..
klo pilih Normal seperti itu, klo aku pilih Pembetulan udh bisa di isi udh masukin kirim kode verifikasi pas mau kirim SPT ada info SPT tahun sebelumnya tidak ada padahal kan tahun 2015 udh ada penyampaian bukti eletroniknya. Tolong dibantu segera… Solusi : Itu sebelumnya anda sudah buat SPT tapi belum sampai selesai. Silahkan masuk ke https://efiling.pajak.go.id/efile/kirimspt lalu edit SPT pembetulan nol dan kirim SPT anda.

34. Bagaimana Cara mendelete spt yang Belum selesai diisi.atau melanjukan spt yang Belum selesai 
Masuk ke sini https://efiling.pajak.go.id/efile/kirimspt

35. Link reset pasword telah dikirim lewat email anda!!!!!
Setelah saya buka email saya tidak ada email yg masuk sudah saya berkali kali hasilnya sama aja…. reset pasword lagi, centang lupa email juga. Nah adakah masalah lainnya? Silahkan tulis di komentar. Saya akan coba bantu cari solusi Yuk share ini ke facebook, whatsapp, dan twitter agar makin banyak yang tahu. Terima kasih.

36. Error 403
Maaf !
Anda tidak memiliki otoritas untuk akses layanan ini. Sudah clear cache dan restart komputer juga tidak bisa. Solusi : Pegawai pajak sedang kangen Anda. Silahkan datang ke kantor pajak terdaftar. Jika petugas efilingnya tidak paham, bilang begini, kasus seperti ini biasanya terjadi karena AR memasukkan. anda ke daftar pencarian, Nah minta tolong petugas tersebut untuk mengeceknya ya. Tidak perlu khawatir, prosesnya biasanya cuma beberapa menit.

masalah pajak di indonesia. masalah pajak penghasilan. masalah pajak terbaru. pajak online npwp. pajak online billing. djp online. djp online e billing. dpj online.pajak.go.id/registrasi. djp online registrasi. daftar djp online

Post a Comment for "DPJ Online e Filling Pajak Bermasalah Error dan Solusinya"