4C Karakteristik Guru Abad 21 yang Sesuai Kurikulum 2013 di Tuntut Berfikir "HOTS"
Abad
ke-21 adalah abad yang sangat berbeda dengan abad-abad sebelumnya. Perkembangan
ilmu pengetahuan yang luar biasa disegala bidang. Pada abad
ini, terutama bidang Information and Communication
Technology (ICT) yang serba sophisticated membuat dunia ini
semakin sempit. Karena kecanggihan teknologi ICT
ini beragam informasi dari berbagai sudut dunia mampu diakses
dengan instant dan cepat oleh siapapun dan dari manapun. Komunikasi antar
personal dapat dilakukan dengan mudah, murah kapan saja dan di mana saja.
Kurikulum
2013 menekankan pentingnya peserta didik berpikir HOTS (Higher Order Thinking
Skill). Kemampuan
berpikir tingkat tinggi yang diperkenalkan sejak dini dibangku sekolah akan
berdampak positif kelak kemudian hari. Model pembelajaran yang mesti dibangun adalah
model pembelajaran yang mencari tahu, pandai merumuskan masalah, pandai
menganalisis, pandai mencari solusi, kreatif dan kontemplatif. Tahu apa, tahu
mengapa dan tahu bagaimana menjadi siklus belajar
dalam menumbuhkan kemampuan berpikir HOTS.
Pembelajaran
yang berpusat pada siswa/peserta didik memiliki beberapa karakter yang sering
di sebut sebagai 4C, yaitu:
1. Communication
Pada
karakter ini, peserta didik dituntut untuk memahami, mengelola, dan menciptakan
komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan,
dan multimedia. Peserta didik diberikan kesempatan menggunakan kemampuannya
untuk mengutarakan ide-idenya, baik itu pada saat berdiskusi dengan
teman-temannya maupun ketika menyelesaikan masalah dari pendidiknya.
2. Collaboration
Pada
karakter ini, peserta didik menunjukkan kemampuannya dalam kerjasama
berkelompok dan kepemimpinan, beradaptasi dalam berbagai peran dan
tanggungjawab, bekerja secara produktif dengan yang lain, menempatkan empati
pada tempatnya, menghormati perspektif berbeda. Peserta didik juga menjalankan
tanggungjawab pribadi dan fleksibitas secara pribadi, pada tempat kerja, dan
hubungan masyarakat, menetapkan dan mencapai standar dan tujuan yang tinggi
untuk diri sendiri dan orang lain, memaklumi kerancuan.
3. Critical
Thinking and Problem Solving
Pada
karakter ini, peserta didik berusaha untuk memberikan penalaran yang masuk akal
dalam memahami dan membuat pilihan yang rumit, memahami interkoneksi antara
sistem. Peserta didik juga menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk
berusaha menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan mandiri, peserta
didik juga memiliki kemampuan untuk menyusun dan mengungkapkan, menganalisa,
dan menyelesaikan masalah.
4. Creativity
and Innovation
Pada
karakter ini, peserta didik memiliki kemampuan untuk mengembangkan,
melaksanakan, dan menyampaikan gagasan-gagasan baru kepada yang lain, bersikap
terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.
Siswa yang
mampu berpikir “hots” hanya dapat terlahir dari guru yang “seksi”. Guru seksi
adalah guru yang profesional, cerdas, memotivasi, menginspirasi, unik, menarik,
bersemangat dan berkerja karena panggilan hati. Guru menentukan sebuah
kurikulum berfungsi atau tidak karena guru lebih penting dari kurikulum.Guru
menentukan seorang siswa jadi juara atau pecundang karena siswa juara lahir
dari guru juara.
Referensi:
x
Post a Comment for "4C Karakteristik Guru Abad 21 yang Sesuai Kurikulum 2013 di Tuntut Berfikir "HOTS""